Index Labels

10 Senapan Api Berdesain Bullpup

. . Tidak ada komentar:
Bullpup adalah konfigurasi senjata api, dimana mekanisme dan magazennya terletak di belakang pelatuk. Konfigurasi seperti ini meningkatkan perbandingan panjang laras terhadap panjang total senapan, yang memungkinkan membuat senapan yang larasnya sama dengan laras senapan biasa, tapi total panjang senapan lebih pendek. Keuntungannya selain lebih pendek, juga relatif lebih ringan.

Konsep konfigurasi seperti ini sudah muncul sejak sebelum Perang Dunia I, tapi baru dipakai secara luas pada tahun 1970-an. Berikut adalah 10 senapan berdesain bullpup.

1. Steyr AUG

Steyr AUG A1
Steyr AUG A2
Steyr AUG adalah rangkaian senapan yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1977 oleh perusahaan senjata Austria Steyr Mannlicher. AUG adalah singkatan dari Armee Universal Gewehr, yang berarti "Senapan Tentara Universal". Nama Steyr AUG sendiri lebih sering digunakan untuk menyebut versi yang spesifik, yaitu varian senapan serbu bullpup kaliber 5.56 mm NATO, dengan warna hijau dan teleskop yang terintegrasi. 
Senapan ini sebenarnya telah memiliki banyak varian, mulai dari senapan submesin, senapan penembak jitu, sampai senapan mesin ringan. Senapan ini telah diadopsi menjadi senapan utama angkatan bersenjata Austria, Australia, Selandia Baru, Luxembourg, Irlandia, dan juga sempat dipakai oleh Malaysia. Satuan Polisi Khusus Indonesia yaitu Gegana Brimob Polri juga nmenggunakan Steyr AUG.

2. FN F2000
FN F2000
FN F2000 adalah bullpup senapan serbu, berkaliber 5.56x45mm NATO dirancang oleh FN Herstal , Belgia. F2000 memulai debut pada bulan Maret 2001 di pameran pertahanan IDEX yang diselenggarakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

F2000 digunakan antara lain oleh Belgia, Cili, Kroasia, India, Libya, Pakistan dan Slovenia



3. SA80
SA80
SA80 (Small Arm for the 1980) adalah keluarga senjata ringan 5.56mm Inggris. Prototipe SA80 diuji coba pada tahun 1976 dan produksi pada tahun 1994.
Varian L85 dari keluarga SA80 telah menjadi senapan standar Angkatan Bersenjata Inggris sejak 1987, menggantikan varian SLR L1A1 dari FAL FN. SA80 ini adalah yang terakhir dalam garis panjang senjata Inggris (termasuk keluarga Lee-Enfield) yang tercipta dari pengembangan senjata nasional dan fasilitas produksi di Enfield Lock. Konfigurasi bullpup berasal dari program akhir tahun 1940-an di Royal Small Arms Factory Enfield dengan tujuan merancang senapan baru yang dikenal sebagai-, EM 2 yang sama meskipun secara garis besar, adalah senjata yang sama sekali berbeda.

4. FAMAS
FAMAS
FAMAS (Fusil d'Assaut de la Manufacture d'Armes de St-Etienne, atau FAMAS 5,56 yang artinya Senapan Serbu oleh Pabrik Senjata St-Etienne Arms), adalah senapan serbu dengan peluru 5,56 x 45 mm yang menggunakan konfigurasi bullpup yang dirancang dan diproduksi perusahaan senjata MAS (Manufacture d'armes de Saint-Étienne yang berlokasi di kota Saint Étienne, perusahaan MAS ini yang merupakan anggota grup GIAT Industries yang sekarang berubah nama menjadi Nexter milik pemerintah Perancis.

5. TAR 21 - Tavor
TAR 21 - Tavor
TAR 21 (atau hanya Tavor) adalah senapan serbu bullpup Israel  dengan amunisi 5.56x45mm standar NATO dengan sistem tembakan selektif, dengan opsi pilihan antara modus semi-otomatis, modus burst, dan mode tembakan full otomatis. Nama "TAR-21" singkatan dari "Tavor Assault Rifle - Abad 21". Ini adalah senjata standar yang didesain untuk Brigade Givati (sejak Agustus 2006) dan Golani Brigade (sejak Agustus 2008), dan Brigade Nahal  yang menerimanya pada tahun 2010. MTAR 21 (Mikro Tavor) baru-baru ini terpilih sebagai senapan serbu masa depan Angkatan Pertahanan Israel, dan dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi senjata standar infanteri Israel. nama Tavor sendiri diambil dari nama Gunung Tavor.

6. SAR 21
SAR 21 ("Singapore Assault Rifle - Abad 21") adalah senapan serbu bullpup yang dirancang dan diproduksi di Singapura. Pertama kali dipublikasikan dan kemudian diadopsi oleh Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) pada tahun 1999. Senapan ini dirancang & dikembangkan selama empat tahun dan dimaksudkan untuk menggantikan M16S1  lisensi lokal. SAR 21 dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Singapura (MINDEF),  Angkatan DaratSingapura dan Chartered Industries of Singapore (CIS, sekarang ST Kinetics). Banyak fitur desain yang secara langsung ditujukan untuk menanggulangi kelemahan dari M16 seperti yang dihadapi oleh beberapa pasukan infanteri.
Senapan ini juga dijual untuk diekspor ke negara lain selain untuk penggunaan domestik. Di Amerika Serikat, SAR 21 dipasarkan oleh ST Kinetics melalui anak perusahaan di Amerika, VT Systems.

7. QBZ-95
QBZ-95
QBZ 95 (Qīngwuqi Bùqiāng - Zìdòng, 1995); secara harfiah berarti "senjata ringan, senapam otomatis, 1995") adalah senapan serbu yang diproduksi oleh Arsenal 266, bagian dari Norinco dan Arsenal 296, di bawah Jianshe Corp, di Cina Selatan untuk Tentara Pembebasan Rakyat, angkatan bersenjata dari Republik Rakyat Cina,  Polisi Bersenjata Rakyat Cina (polisi para-militer), dan penegak hukum China. Senjata ini menggunakan tipe amunisi yang baru dikembangkan asal Cina, 5.8x42mm DBP87. QBZ-95 terdiri atas sistem senjata api yang menggunakan desain umum. QBZ-95 terdapat dalam varian karabin, senapan standar, dan senjata ringan.

8. Dragunov SVU
Dragunov SVU
Dragunov SVU (Snayperskaya Vintovka Ukorochennaya,  Senapan Sniper Pendek) adalah konfigurasi bullpup dari senapan sniper SVD. SVU ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasukan keamanan Kementerian Dalam Negeri Rusia, seperti OMON. SVU pertama kali terlihat dalam penggunaan di Perang Chechnya Pertama. Awalnya, rencana konfigurasi bullpup hanya sedikit untuk memodernisasi SVD The SVU Dragunov (bahasa Rusia: Snayperskaya Vintovka Ukorochennaya, Pendek Sniper Rifle) adalah konfigurasi bullpup dari senapan sniper SVD. SVU ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasukan keamanan Kementerian Dalam Negeri Rusia, seperti OMON. SVU ini pertama kali terlihat dalam penggunaan di Perang Chechnya Pertama. Awalnya, Rusia hanya berencana melakukan sedikit modernisasi terhadap SVD yang mengalami penuaan, tetapi mereka akhirnya menyadari bahwa konfigurasi senjata harus benar-benar diubah, yang mengarah pada penciptaan SVU.
Sebuah rem moncong ditambahkan yang dapat menyerap hingga 40% dari energi mundur dan saham butt pipih pegas elastis dengan non-kaku menempel ke penerima. Akustik dari senapan juga diperbaiki dengan menambahkan penekan suara. Perbaikan utama lainnya dilakukan terhadap SVU atas SVD termasuk penggantian saham butt, pistol grip, memicu dan mounting untuk penglihatan, dan memperpendek barel 100mm mencapai keseimbangan yang sempurna untuk senjata.
, tetapi mereka akhirnya menyadari bahwa konfigurasi senjata harus benar-benar diubah, yang mengarah pada penciptaan SVU tersebut.
Sebuah rem moncong ditambahkan yang dapat menyerap hingga 40% dari energi tolak. Akustik dari senapan juga diperbaiki dengan menambahkan peredam suara. Perbaikan utama lainnya dilakukan terhadap SVU atas SVD termasuk penggantian dudukan, pistol grip, pemicu dan mounting untuk penglihatan, dan memperpendek barel 100mm untuk mencapai keseimbangan yang sempurna untuk senjata.

9.  Khaybar/KH-2002
KH-2002
KH-2002 adalah senapan bullpup5,56 mm yang dihasilkan  Iran secara mandiri, yang dibangun pada apa yang tampaknya merupakan konversi dari senapan serbu S DIO-5,56, versi Iran dari esnapan CQ Norinco China, tiruan dari M16- A1. Senapan ini mirip dalam penampilan dengan senapan serbu FAMAS. Khaybar/KH-2002 dikembangkan lebih lanjut oleh Organisasi Industri Pertahanan Iran  (DIO). KH-2002 dirancang pada tahun 2001 dengan sampel yang diproduksi pada tahun 2003 dan produksi akhirnya dimulai pada tahun 2004. 

10. SS2 Bullpup
SS2 Bullpup
SS2-Bullpup ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari SS2 yang diproduksi oleh PT PINDAD, Indonesia, walau masih menggunakan laras 46 cm sebagaimana SS2-V1, dimensinya berkurang seperempat dari SS2-V1. Beratnya pun kurang dari 3 kilogram. Pengembangan ini diharapkan memberikan keuntungan karena bentuknya lebih ringkas. Ia juga punya sistem bidik laser dan tactical light yang terintegrasi dan ada di handguard. Pengembangan lebih lanjut, termasuk dari segi materi, akan menuju generasi ketiga dari SS. 



 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Google+ Followers

Pengunjung